Monday, November 3, 2014

Fitur Kalender LG G2: Organisir Jadwal Yang Menyenangkan!


Saya baru membeli smartphone LG G2 pada tanggal 13 April 2014. Waktu saya memutuskan untuk membelinya, saya sudah terlebih dahulu melakukan riset dasar kemampuannya: baik kelebihan maupun kekurangannya. Memang sih waktu itu teman-teman kurang setuju saat saya membeli smartphone ini, karena versi upgradenya, LG G3, dikabarkan akan keluar pada bulan September (ya sekarang memang sudah keluar, kan. Hehehe). Tapi sudah kurang lebih 6 bulan menggunakannya, saya merasa semakin jatuh cinta pada device ini.

My Smartphone, My Secretary
Saya orangnya seneng banget mengorganisir kegiatan :-) Jadi sebelum punya smartphone, saya sering menuliskan to do list dengan bolpoint di tangan saya. Kadang juga, saya suka menuliskannya di sticker memo untuk ditempelkan di jam weker agar terbaca di pagi hari. Sticky notes juga kerap memenuhi dekstop laptop, sampai-sampai gambar wallpaper yang terpasang tidak kelihatan.

Karena itu, smartphone sudah selayaknya sekretaris pribadi saya yang menjadi tempat mencatat kegiatan sebagai reminder seluruh rencana aktivitas saya. LG G2 memang bukan smartphone pertama saya. Namun, LG G2 memiliki fitur schedule organizer yang paling memenuhi kebutuhan saya. Fitur tersebut adalah kalender. Kalender ini asli bawaan dari LG G2, tanpa perlu lagi mendownload aplikasi tambahan.

Mengapa Kalender Ini Berbeda?
Berikut akan saya jabarkan satu persatu, ya :) Saya juga akan memasukkan kalender google sebagai bahan perbandingan.    

1.     Fitur Sticker Events
Dengan kalender dari LG G2, anda dapat mengemas jadwal anda dengan apik. Penggunaan warna dan logo akan membuat anda lebih mudah mengingat event yang telah anda jadwalkan. Nah, seperti ini lah tampilan kalender saya sehari-hari dengan LG G2:


Tampilan Kalender LG G2

Tampilan Google Calendar
Seru, ya? Sangat berbeda dengan tampilan google calendar yang sederhana. Tidak hanya berwarna-warni, sticker event juga ini merupakan animasi gerak, sehingga kalender menjadi semakin menarik. Sticker dapat anda pilih sesuai tema kegiatan saat anda create event. Ini adalah beberapa contoh sticker yang dapat anda pilih:

Ragam sticker yang tersedia
2.     Sinkronisasi Dengan Social Platform
Di zaman serba connected seperti sekarang ini, sudah tentu kalender yang tersinkronisasi dengan platform komunikasi adalah suatu keharusan. Setidaknya menurut saya, sih… Hehehe. Kemampuan kalender LG G2 untuk tersinkronisasi dengan event grup BBM benar-benar sangat membantu. Hal ini memudahkan saya untuk memuat jadwal kegiatan yang telah saya tetapkan bersama teman-teman.
Tampilan LG G2 Calendar
Tampilan Google Calendar

Selain itu, terdapat fitur attending confirmation untuk menginformasikan kepastian kehadiran saya, sama seperti fitur google calendar. Jadi tanpa perlu mengunduh google calendar, saya sudah mendapatkan kemudahan yang setara.

3.     Waktu Tersinkronisasi Dengan Waktu Worldwide
      Ingin menonton acara kesukaan atau mendengarkan siaran radio luar negeri, namun waktu yang anda ketahui dari infonya hanyalah waktu setempat negara asalnya? Jangan khawatir, input saja waktu negara tersebut, dan LG G2 akan memberikan info waktu yang telah disesuaikan dengan waktu Indonesia kepada anda. Simpel dan sangat menyenangkan!

 
LG G2: Tampilan waktu Indonesia dan London pada event
Langsung jadwal Indonesianya? Not cool, google!

4.     Widgets Calendar
Bagi saya, membuka kalender dengan mencari-carinya di jajaran aplikasi terlebih dahulu sangatlah merepotkan. Maka, saya membuat kalender muncul di home screen dengan menggunakan widgets. Mini widgets yang disediakan oleh google calendar kurang lebih sama dengan widgets yang disediakan oleh LG G2.

Google Calendar Widgets
LG G2 Calendar Widgets
Namun, yang lebih menyenangkan, LG G2 menyediakan widgets besar dengan ukuran satu home screen penuh. Widgets ini mampu memuat seluruh kegiatan selama satu bulan, sehingga saya tidak perlu bersusah payah membuka kalender, apabila ada yang menanyakan “minggu depan sudah ada agenda?” :)
Penutup
Sejauh ini, saya belum menyesal menggunakan LG G2. Fitur yang ditawarkan memberikan kemudahan akses yang sangat membantu kegiatan saya. Memang terdapat beberapa kekurangan LG G2, yang mungkin akan saya tuliskan dalam beberapa postingan ke depan (hehehe). Jadi bagaimana cara anda mengorganisir kegiatan dengan device anda? Yuk, sharing!

No comments:

Post a Comment